Sejarah Singkat


Para ahi bersepakat bahwa fungsi utama akuntansi adalah pencatatan transaksi terkait aktivitas ekonomi. Oleh karena itu akuntansi muncul seiring dengan kehidupan sosial ekonomi amanusia. Ernest Stevelinck dalam artikelnya The Accounting Historian Journal Vol 12 No 1 1985 menjelaskan bahwa Mesir memiliki sejarah akuntansi yang panjang, hal ini terbukti dari adanya catatan akuntansi dalam kulit kayu (papyri) yang menjelaskan bahwa akuntansi telah ada selama 300 tahun. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa seorang manajer mencatat transaksi hariannya dalam calamos (sejenis kulit). Di sini sang manajer memiliki asisten telah bekerja secara efisien dan dengan sistem yang dibuatnya ai mampu mengamati kapalnya yang mengangkat barang – barang.
Lebih lanjut stevenlick menjelaskan bahwa disetiap peradaban maju seperti cina, india, babylonia dan Mesopotamia memiliki kesamaan dengan mesir dalam hal perilaku pencatatan. Semua peradaban ini memiliki model – model pencatatan yang berbeda bentuknya akan tetapi subtansinya sama. Catatan ini berisi daftar aset, waktu transaksi dan berbagai aktivitas ekonomi lainnya. Pada bagian ini  akuntansi belum memiliki metode pencatatan double entry (journal).
Evolusi akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan (DOUBLE – ENTRY) oleh pedagang-pedagang Venesia yang merupakan pedagang yang terkenal dan ulung pada abad itu. Double – Entry merupakan pencatatan seluruh transaksi kedalam dua aspek yaitu “debet dan kredit” yang orientasinya selalu dalam keadaan seimbang.
Pada abad ke 15 tepatnya tahun 1494 akuntansi yang menggunakan angka Arab berkembang di Italia. Buku yang pertama diterbitkan oleh orang Italia tentang akuntansi baru muncul pada akhir abad ke 15, dimana buku ini merupakan hasil karya seorang Venesia yang bernama Luca Pacioli. Buku ini berjudul ”SUMMA DE ARITHMATICA, GEOMETRICA PROPORPIONI ET PROPORTIONALITA”. Bagian dari buku tersebut yang membahas tentang akuntansi berjudul ”TRACTACUS DE COMPUTIS ET SCRIPTORIA”. Buku inilah yang kemudian tersebar di benua Eropa barat dan kemudian dikembangkan kembali oleh para ahli-ahli akuntansi sehingga timbulah beberapa sistem akuntansi dengan tetap mengacu pada metode yang digunakan oleh Luca Pacioli. Oleh karena itu pada awalnya Luca Pacioli dianggap sebagai penemu double entry.
Pendapat diatas ini sudah banyak dibantah ileh berbagai penelitian lain yang menyatakan ternyata bahwa akuntansi maupun double entry accounting, jauh sebelum luca pacioli membukukannya sudah berkembang di tempat lain. Lucas pacioli sendiri dalam bukunya menyatakan apa yang ditulisnya tentang double entry bookkepping adalah berdasarkan pada metode yang digunakan di venice, Italia yang telah berkembang sebelumnya. Bahkan ia sendiri mengakui melakukan penjiplakan dari bahan manuscript asli dari venice (siswanto dalam Harahap, 2011)
 Menurut pendapat Mattessich dalam Harahap (2011) bahwa double entry sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Sedangkan selama ini kita kenal bahwa penemu sistem tata buku berpasangan ini maka dapat dikemukakan sebagai berikut.Double entry accounting system telah disepakati para ahli mula-mula diterbitkan oleh Luca Pacioli dalam bukunya yang berisi 36 bab yang terbit pada tahun 1949 di Florence, Italia dengan judul “Summa de Arithmatica, Geometrica, Proportioni et Proportionalita” yang berisi tentang palajaran ilmu pasti.
Inoue dalam Harahap (2011) menyebutkan “Orang yang pertama-tama “menulis” (bukan menerbitkan seperti Pacioli) tentang double entry bookkeeping system adalah Bonedetto Cotrugli pada 1458, 36 tahun sebelum terbitnya buku Pacioli. Namun buku Benedetto Cotrugli ini baru terbit pada tahun 1573 atau 89 tahun setelah buku Pacioli terbit. Dengan demikian penjelasan ini maka pertentangan sebenarnya tidak ada.”
Jika kita kaji sejarah terutama sejarah Islam, sebenarnya pada awal pertumbuhannya sudah ada sistem akuntansi. Akan tetapi, sayangnya literatur belum banyak menganalisis bagaimana rupa eksistensi akuntansi pada zaman itu (± 570 Masehi). Seperti yang dikemukakan oleh Russel dalam Harahap (2011) “Sebenarnya orang-orang Italia dalam abad ke-14 baru menerapkan sistem pembukuan berpasangan lengkap setelah terlebih dahulu digunakan oleh saudagar-saudagar Moslem (Moslem Merchants).”
Meskipun Luca Pacioli bukanlah penemu tata buku berpasangan, Pacioli sangat membantu dalam menyebarkan dadasan mengenai tata buku berpasangan. Akan tetapi  kita perlu mengapresiasi langkah Luca Pacioli dalam membukukan model pencatatan ini sehingga dapat dikenal lebih luas.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

The Killing of a Game Player - YouTube
A classic, brutal game youtube to mp3 converter samsung released for the PlayStation 4 and Xbox One in 1989. Its graphics are clearly stunning and the  Rating: 5 · ‎2 reviews

Posting Komentar

ChatBox


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Alexa Statistic