Filosofi Akuntansi

Untuk memahami arti dari filosofi akuntansi, baiknya dulu kita mendefinisikan arti kata dari filosofi dan akuntansi. Dibawah ini beberapa pengertian filosofi dari para ahli :

   1. Plato ( 428 -348 SM ) : Filsafat tidak lain dari        pengetahuan tentang segala yang ada. 
   2. Aristoteles ( (384 – 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu. 
   3.      Cicero ( (106 – 43 SM ) : filsafat adalah sebagai “ibu dari semua seni “( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan ) 
4.      Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan. 

5.      Paul Nartorp (1854 – 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya . 
6.      Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
·         Apakah yang dapat kita kerjakan ?(jawabannya metafisika )
·         Apakah yang seharusnya kita kerjakan (jawabannya Etika )
·         Sampai dimanakah harapan kita ?(jawabannya Agama )
·         Apakah yang dinamakan manusia ? (jawabannya Antropologi ) 
7.      Notonegoro : Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat. 
8.      Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “. 
9.      Sidi Gazalba : Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.
10.  Prof. Mr.Mumahamd Yamin : Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan. 
11.  Prof.Dr.Ismaun, M.Pd. : Filsafat ialah usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya secara sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yang hakiki (pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yang sejati).
Dari pengertian yang disampaikan oleh ahli di atas, disimpulkan bahwa filosofi adalah studi mengenai kebijaksanaan, dasar-dasar pengetahuan, dan proses yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang pandangan mengenai suatu kehidupan. Filosofi memberi pandangan dan menyatakan secara tidak langsung mengenai sistem kenyakinan dan kepercayaan. Setiap filosofi individu akan dikembangkan dan akan mempengaruhi perilaku dan sikap individu tersebut. Seseorang akan mengembangkan filosofinya melalui belajar dari hubungan interpersona, pengalaman pendidikan formal dan informal, keagamaan, budaya dan lingkungannya.
Akuntansi biasa disebut dengan bahasa dunia usaha (the language of bussiness). Dari segi bahasa berasal dari  to account  yang berarti menghitung atau mempertanggungjawabkan sehingga menjadi accounting. Istilah account diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi perkiraan atau rekening.
Akuntansi (Accounting, Accountancy) yaitu pencatatan, pelaporan-dari kegiatan-dan perakunan. Account adalah laporan/ perkiraan (Dari Kamus Inggris- Indonesia John M. Echol and Hasan).
Jika ditinjau dari sejarahnya menurut Luca Pacioli  (1445 - 1517) akuntansi di definisikan sebagai seni yang berdasarkan pada logika matematik yang sekarang dikenal sebagai “pembukuan berpasangan” (double – entry bookkeeping) yang sudah dipahami di Italia sejak tahun 1495. Luca Pacioli dikenal juga sebagai Friar (Romo) Luca dal Borgo, mempublikasikan bukunya tentang “pembukuan’ di venice dalam bukunya yang berjudul Summa de Arithmetica, Geometria, Proportione et Proportionalite. Buku berbahasa inggris pertama yang dipublikasikan di London oleh Goerge atau Gough pada tahun 1543.
Dalam buku Principle Accounting (Jerry J. Weygandt, Donald. E. kieso, dan Paul D. Kimmel), akuntansi adalah suatu system informasi yang mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari suatu organisasi kepada para pengguna yang berkepentingan.
Dalam buku lain Intermediate Accounting IFRS Version oleh Jerry J. Weygandt, Donald. E. kieso, dan Paul D. Kimmel, disampaikan bahwa tujuan umum dari akuntansi untuk memberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak tertentu yang digunakan untuk pengambilan keputusan.
Persamaan mendasar yang menjadi keharusan dan keunikan dari akuntansi adalah
Asset = Liability + Equity
Hubungan di atas disebut sebagai suatu persamaan dasar akuntansi (Basic Accounting Equation). Jumlah asset harus sama dengan jumlah kewajiban dan ekuitas pemilik. Oleh karena itu, jika terjadi likuidasi klaim kreditor harus dibayarkan sebelum klaim kepemilikan.
Persamaan akuntansi berlaku bagi seluruh entitas tanpa melihat ukuran, sifat, maupun bentuk organisasi bisnisnya. Persamaan akuntansi tersebut berlaku pada bisnis perusahaan besar, perusahaan perseorangan kecil, misalnya took kelontongan,dll. Persamaan tersebut memberikan kerangka dasar bagi pencatatan dan pengikhtisaran peristiwa-peristiwa ekonomi suatu perusahaan.
Filosofi hidup hampir berkaitan dengan prinsip hidup. Semua orang yang masih eksis mempunyai pegangan hidup, tujuan hidup, prinsip hidup maupun filosofi hidup. Tentunya hal ini cukup berbeda di antara satu dengan lainnya dalam menyikapinya. Karena setiap orang itu tidak sama, setiap orang itu unik, setiap orang merupakan mahluk berakal yang memiliki pilihan masing-masing.
Persamaan akuntansi yang dipaparkan tadi dapat mengajarkan banyak hal di kehidupan ini.  Pertama, dalam penghitungan laporan keuangan jumlah antara debet dan kredit itu harus sama, dengan begitu, “kita dalam menjalani hidup itu harus seimbang”. Kedua, persamaan akuntansi tersebut mengajarkan, jika seseorang sedang mengalami kekurangan financial ataupun ingin menambah aset, maka sebaiknya berutang bukan dengan menipu, mencuri, apalagi dengan korupsi, karena persamaan akuntansi hanya akan balance dengan Aset, utang dan ekuitas bukan dengan mencuri, menipu ataupun korupsi. Ketiga, seperti yang telah dijelaskan di atas, persamaan akuntansi selalu menempatkan hutang terlebih dahulu di depan ekuitas. Hal tersebut mengajarkan, jika memiliki utang, sebaiknya dibayarkan terlebih dahulu (menyegerakan pembayaran utang). Kekempat,  akuntansi menuntut ketelitian, keuletan dan bekerja keras dalam pembuatan laporan keuangan. Hal tersebut tentunya mengajarkan untuk selalu teliti, ulet dan bekerja keras dalam kehidupan.. kelima, akuntansi adalah alat pertanggungjawaban. Hal tersebut mengajarkan untuk hidup dengan penuh tanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar

ChatBox


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Alexa Statistic